Permainan outbond untuk remaja

1.        Loncat Berantai

Permainan ini dilakukan secara berkelompok, degan cara seperti berikut dibawah ini :

  1. Posisi awal : perlombaan terbuka. Depannya di beri batas dengan jarak 15 m.
  2. Aturan bermain : seorang anak menghadap kanan lalu membungkuk (seperti orang rukuku dalam sholat). Dengan jarak 1 lengan. Anak yang paling belakang dalam satu regu melompati anak yang ada di depannya berturut-turut sampai semua terlewati dan kemudian membungkuk urut dengan anak yang lain. Anak yang paling belakang melompat seperti terdahulu, demikian diteruskan sampai menyentuh garis batas.
  3. Penilain : yang tercepat sampai kebatas yang menang.

2. Kerbau Dungkul

Permaianan ini sungguh sangat menyenangkan. Kalian bisa mencobanya secara berkelompok untuk menanamkan kebersamaan.

  1. Posisi awal : Buatlah lingkaran besar, kemudian duduk bersama-sama.
  2. Aturan bermain : anak no. 1 tiap regu maju ke tengah. Merangkak berhadapan, berpasangan pundak bertemu dengan pundak lawan seperti kerbau dengan berlaga. Dengan aba-aba dari Pembina mereka saling mendorong. Siapa yang paling mendorong lawannya paling jauh mendapat angka.  Anak yang lain memberi semangat dengan bernyanyi dan bertepuk/ bersorak. Permainan dilanjutkan dengan giliran anak no. 2 dan 3 sampai semua anak mendapat giliran.
  3. Penilaian : regu yang paling banyak mendapat angka jadi juara.
  4. 3.        Lari Lipan
    1. Posisi awal : di depan tiap regu dipancangkan tongkat dengan jarak 10 m.
    2. Aturan bermain : dalam tiap regu, anak-anak berpegang erat dengan anak depannya, dengan cara memeluk perutnya, menyerupai lipan. Dengan aba-aba dari Pembina, lipan itu cepat-cepat lari menuju tongkat di depannya dan berputar mengililingi tongkat kmbali ketempat semula dan berbaris rapi.
    3. Penilaian: regu berbaris rapi lebih dahulu yang menang.
  5. 4.        Lingkaran Mahkota
    1. Posisi awal : Lingkaran besar di tengah-tengah di beri tanda lingkaran dengan garis tengah 1,5 m. Pembina berada didekat lingkaran tengah.
    2. Aturan bermain : anak-anak berbaris berbentuk lingkaran besar, sambil berjalan dan bernyanyi dengan tepuk tangan. Bila Pembina meniup peluit, anak-anak berlari ke lingkaran yang di tengah. Pembina menghitung masing-masing regu berapa anak yang berada dilingkaran, yang berada dalam lingkaran mendapat “mahkota”. Permaianan di mulai lagi.
    3. Penialain : setelah selesai di hitung regu apa yang paling banyak mendapat “Mahkota” adalah yang menang.

5. Games Breeze And Release Balloon

Tujuan :

  1. Mengembangkan kemampuan untuk bekerja secara fokus.
  2. Mengembangkan rasa percaya pada diri sendiri .
  3. Tanggung jawab.
  4. Perencanaan dan implementasinya.

Perlengkapan : Balon untuk setiap peserta

Cara Bermain :

  1. Setiap peserta diminta meniup balon sebesar mungkin dan berada pada garis start.
  2. Balon diacungkan ke udara dan kemudian dilepaskan, pada lokasi dimana balon itu jatuh peserta meniup balon itu lagi dan kemudian melepaskan lagi.
  3. Hal tersebut dilakukan berkali-kali sampai balon jatuh di garis finish secepat mungkin.

6.        Games Tersesat di Laut

Tujuan :

  1. Membangun kebersamaan dan toleransi.
  2. Pengaturan strategi dalam pemecahan masalah.
  3. Berpikir kreatif dan inovatif.
  4. Mengembangkan cara berkomunikasi efektif.
  5. Kepemimpinan.

Perlengkapan : Lembar Penugasan

Cara bermain :

  1. Peserta dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang. Setiap peserta diberi lembar penugasan dan mengisi kolom pendapat anda dalam waktu 5 menit, dengan ketentuan tidak bekerja sama / diskusi dengan peserta lain.
  2. Kemudian tiap kelompok membentuk lingkaran dan masing-masing peserta dalam kelompok mengajukan pendapat, secara bermusyawarah diputuskan urutan yang disepakati kelompok dalam waktu 10 menit, dan dituliskan pada kolom pendapat regu.

7. Games Titanic

Tujuan :

  1. Membangun kebersamaan.
  2. Untuk kesuksesan regu diperlukan pengorbanan anggota regu.
  3. Perlunya anggota menyatu dengan tujuan kelompok.
  4. Pengaturan strategi dalam pemecahan masalah.
  5. Berpikir kreatif.

Perlengkapan : selembar kain ukuran 1,5 m x 1,5 m.

Cara Bermain :

  1. Semua anggota jregu diminta untuk berdiri di atas kain seakan-akan berada dalam satu kapal yang tenggelam. Tidak ada bagian dari kaki yang berdiri diluar kain.
  2. Setelah mereka berhasil berdiri di atas kain dalam hitungan satu sampai lima, kemudian mereka diminta keluar dari kain. Selanjutnya mereka diminta memperkecil ukuran  kain tempat berpijak dengan cara melipat kain, setelah itu mereka berdiri lagi di atas kain dengan persyaratan yang sama.
  3. Tujuan yang akan dicapai kelompok adalah kemampuan untuk berdiri diatas kain yang ukurannya sekecil mungkin.

Sumber  : Sisca. 2012. Aneka Permainan Outbond Untuk Kecerdasan dan Kebugaran. Bintang Cemerlang. Yogyakarta

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s