Permainan outbond Untuk Dewasa

  1. Bercermin
    1. Minta setiap peserta untuk berpasangan, 1 orang menjadi bayangan di cermin dan 1 orang menjadi seseorang yang sedang berdandan di depan cermin.
    2. Bayangan harus mengikuti gerak-gerik orang yang berdandan.
    3. Keduanya harus bekerja sama agar bisa bergerak secara kompak dengan kecepatan yang sama.
    4. Minta peserta untuk mendiskusikan apa pesan dalam permainan ini.
  2. Kata Paimin

Pemandu mengucapkan perintah kepada peserta dengan diawali “ kata Pimin….” Jika tidak terdapat “kata paimin….” Maka peserta dilarang untuk mengikutinya. Contoh : “kata paimin pegang hidung” semuanya pegang hidung. “kata paimin duduk” semua peserta duduk. Setelah beberapa kali mengucapkan “kata paimin…” selanjutnya hanya mengucapkan “pegang lutut” Dll. Sehingga dari peserta ada yang mengikuti pegang lutut mesti tidak ada “kata paimin ….”. hal ini untuk melatih konsentrasi.

3.        Cek Boom

Pemandu memerintahkan peserta untuk melakukan gerakan tepuk tangan 1 kali jika pemandu bilang cek 1 kali dan hentak kaki 1 ketika pemandu bilang boom 1 kali. Dan ini bisa di variasikan dengan frekuensi agak cepat, dengan perpaduan cek-boom yang variatif. Melatih konsentrasi dan otak kanan.

4.        Hujan

Pemandu memrintahkan pada peserta untuk melingkar atau menghadap kea rah kiri/kanan semua, selanjutnya jika pemandu mengatakan “rintik-rintik”, maka peserta menusuk-nusuk pundak dan punggung peserta lain, dengan jari telunjuk. Jika pemandu mengatakan “gerimis”, maka peserta memukul lembut pundak dan punggung. Jika pemandu mengatakan “hujan deras” maka peserta menggosok punggung dan pundak peserta dengan keras. Agar lebih menarik, lakukan sebuah cerita yang sebagian berisi kata-kata tersebut. Untuk melakukan rileksasi.

5.        Sobek Kertas

Peserta diberi 1 lembar kertas kemudian diminta untuk menutup mata, dan melakukan perintah-perintah dari pemandu. Contoh perintah-perintah pemandu adalah sebagai berikut :

  1. Lipat kertas menjadi 2
  2. Lipat kertas sehingga ujungnya menjadi satu.
  3. Sobek kerta pada salah satu ujungnya.
  4. Dan seterusnya karena kegiatan ini masih dapat dikembangkan.
  5. Untuk membuktikan bahwa dengan 1 arah komunikasi tidak efektif, sehingga hasilnya akan jauh berbeda dalam penerimaannya.

6. Tunjuk Jari Yang Mana

Pemandu meminta peserta berpasang-pasangan. Pemandu meminta salah satu peserta tangan kanan dan kiri menghadap keluar/kesamping (jempol ada di bawah). Kemudian keduanya disilangkan, selanjutnya jari-jari tangan kanan diletakkan di sela-sela jari-jari tangan kiri saling berpasangan. Kemudian tarik kepalan kedua tangan ke arah dada lewat bawah. Sehingga posisinya sekarang, ke dua kelingking dekat dengan dada, kedua jempol kea rah luar. Selanjutnya diminta untuk menggerakkan jari yang ditunjuk oleh orang ke 2. Peserta yang lain, diminta untuk menunjuk jari-jari peserta pertama tanpa menempel pada jari-jari tersebut. Ini sulit dilakukan oleh peserta pertama. Lakukan bergantian. Hal ini melatih koordinasi otak, motorik dan visual.

7.        Sebut Benda Apa

Peserta diminta untuk menyebutkan nama beberapa benda, ketika pemandu mengangkat benda tersebut sehingga benda tersebut lebih tinggi dari benda yang lain. Missal pensil, spidol, penghapus atau lainnya. Dengan cepat benda-benda diangkat bergantian, dan dengan cepat pula peserta menyebutkan namanya. Selanjutnya kesulitan dapat ditingkatkan dengan menambah jumlah benda atau dengan menukar nama masing-masing benda. Pensil ketika di angkat di sebut spidol, spidol jika diangkat disebut penghapus, penghapus ketika di angkat di sebut pensil, dst. Dan kemudian ditambah dengan menyebutkan benda yang lebih tinggi. Missal ketika pensil dan penghapus digerakkan kebawah maka yang disebutkan peserta adalah spidol karena spidol menempati posisi yang lebih tinggi meski spidol tidak digerakkan keatas.

 

Daftar Pustaka :

Sisca. 2012. Aneka Permainan Outbond Untuk Kecerdasan dan Kebugaran. Bintang Cemerlang. Yogyakarta

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s