PERAWATAN TUBUH SECARA ALAMI

 A.    Perawatan Rambut

  1. Agar rambut tidak rontok dan mencegah kebotakan

Sediakan ½ cangkr minyak wijwn, ½ cangkir minyak kelapa, 3 lembar daun waru., 3 lembar daun urang-aring, 3 lembar daun bunga mangkokan, 1 helai daun pandan, 2 butir kemiri, 7 kuntum bunga melati dan 1 kuntum bunga mawar serta 2 liter air bersih yang telah mendidih.

Cara membuat ramuan :

Masukkan 2 liter air mendidih ke dalam sebuah panic yang telah berisi minyak-minyak yang telah berisi minyak wijen dan minyak kelapa, sedangkan bahan-bahan lainnya dirajang sampai halus, lalu dimasukkan ke dalam campuran minyak diatas. Tunggu 15 menit kemudian disaring airnya setelah itu oleskan air saringan tersebut ke seluruh permukakan kulit kepala sambil dipijat-pijat seperlunya. Pekerjaan ini dilakukan ketika hendak tidur. Dan ketika bangun tidur, olesi lagi dengan air lendir yang dapat dari batang pisang yang telah diembunkan.

2. Menghilangkan ketombe

Dengan menggunakan jeruk nipis di belah lalu digosokkan di kulit kepala. Biarkan 15 menit kemudian keramasi sampai bersih lakukan setiap 2 hari sekali.

3. Mengatasi rambut bercabang

Ambil daun waru 5 lembar dan haluskan peras ambil airnya, kemudian oleskan dirambut sebelum keramas diamkan 20 menit kemudian cuci sampai bersih, lakukan setiap 2 hari sekali.

4. Mencegah supaya rambut tidak cepat ubanan

Buatlah air the kental dengan air panas kira-kira satu gelas. Dan malam menjelang tidur, tutuplah gelas tersebut rapat-rapat, keesokan tangan anda kemudian digosokkan pada kulit kepala sampai rata. Lakukan secara rutin setiap hari.

B.     Perawatan Wajah

  1. Mengatasi wajah berminyak

Kulit wajah yang berminyak cenderung ditumbuhi jerawat. Untuk mencegah wajah jerawat sebelum tidur malam bersihkan wajah dengan air hangat sesudah sediakan mentimun diambil airnya lalu oleskan di wajah dan leher.

2. Mengatasi wajah kering

Wajah yang kering cenderung mudah keriput untuk mencegahnya, sediakan putih telur ayam kampong secukupnya, kocok agak keras tambah air jeruk nipis supaya tidak amis dan mau 1 sendok the. Oleskan di wajah diamkan 20 menit setelah kering cuci wajah dengan air hangat kemudian siramlah dengan air dingin.

3. Menghaluskan kulit wajah dan menjegah timbulnya jerawat

Agar kulit wajah halus, bersih dan berseri serta bebas jerawat, sebelum tidur malam bersihkan dengan air hangat lalu oleskan secara merata dengan minyak zaitun dapat digunakan :

1)Jika dioleskan

Mengobati gatal-gatal, mencegah biang keringat, menyembuhkan luka, menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit, mengobati telinga sakit, mengobati luka bisa ular, mengobati sariawan, bibir pecah-pecah dan luka bakar.

2). Jika diminum

Mencegah kanker, mengobati diare, mengeluarkan cacing, mengobati panas dalam, mengobati luka dan menurunkan kolesterol.

3) Kasiat lain

Mencegah uban rambut bila diminyakkan pada kulit kepala/rambut, untuk kecantikan sebagai pembersih wajah, menguatkan gusi bila dikumurkan.

C.    Melangsingkan badan yang Gemuk

  • Ambil daun slam 10 lembar direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih tinggal 1 ½ gelas minum 3 kali sehari.
  • Ambil mengkudu yang sudah masak diparut, peras dan ambil airnya minum 2 kali sehari.
  • Sediakan 1 sendok teh diseduh dengan air mendidih 1 gelas, tutuplah setelah dingin beri pasangan air jeruk nipis minumlah pagi dan sore hari.
  • Ambil 5 lembar daun jati belanda direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, tinggalkan 1 ½ munumlah 2 kali sehari.

D. Perawatan Kuku

Kecantikan seseorang selain dilihat dari wajah dan badan tidak lupa pula keindahan kuku, bagi yang sedang memelihara kuku biar kelihatan indah, bersih dan tidak mudah patah ada beberapa hal yang perlu dilakukan :

  • Rendam jari kaki atu tangan dalam air hangat yang sudah dibubuhi garam dan cuka selama 10 menit lakukan sekali setiap minggu.
  • Agar kuku tidak mudah patah, ambil bawang putih dibelah kemudian gosokkan pada ujung-ujung kuku.

E. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan yang tidak sedap membuat banyak orang kurang percaya diri, untuk mengatasi dengan cara :

  1. Ambil kapur sirih sekukupnya, diberi perasan jeruk nipis dioleskan diketiak setiap habis mandi.
  2. Mandilah dengan rebusan daun sirih 10 lembar daun sereh 3 helai daun kemuning 1 genggam.

F. Mengatasi Bau Nafas Tidak sedap

Nafas yang bau disebabkan karena gangguan pada perut besar, gigi berlubang, dan pola makan. Cara megatasinya :

  • Daun beluntas 30 gr, pinang muda 5 gr, garam dapur 5 gr, semua bahan direbus dengan air 3 gelas, sisihkan air ¼ gelas, minum 3 kali sehari.
  • Sediakan 5 biji cengkeh masukkan dalam gelas berisi ½ gelas air panas, setelah dingin ½ gelas air panas, setelah dingin digunakan untuk berkumur-kumur pagi dan sore.

Daftar pustaka :

Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (LP3M). 2004. Petunjuk Praktis Penggunaaan Tumbuhan Untuk Pengobatan Sebagai Solusi Tepat Menuju Hidup Sehat. LP3L : Yogyakarta

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s