Media Pembelajaran

Standar

a.         Pengertian Media Pembelajaran

Media dapat diartikan dengan manusia, benda, ataupun peristiwa yang memungkinkan anak didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan (Abidin, 2003:15), sedangkan Secara khusus Arsyad (2011:3) mengemukakan media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat garfis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

b.         Ciri-Ciri Media pendidikan

Arsyad (2011:12) mengemukakan ciri-ciri media sebagai berikut:

1)         Ciri Fiksatif

Ciri ini menggambarkan kemampuan media rekam, menyimpan, melestarikan, dan merekontruksi suatu peristiwa atau objek.

2)         Ciri Manipulatif

Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipilatif, kejadian yang memakan waktu slama dapat disajikan kepada siswa dalam waktu singkat dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording .

3)         Ciri Distributif

Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.

c.          Fungsi dan manfaat media pengajaran

Arsyad (2011:26) mengemukakan fungsi dan manfaat media pengajaran sebagai berikut:

1)      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.

2)      Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

3)      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.

4)      Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya.

d.         Prinsip-prinsip Pemilihan dan pengembangan media

Sudirman (dalam  Abidin, 2003:28) mengemukakan beberapa prinsip pemilihan media pengajaran sebagai berikut:

1)      Tujuan pemilihan, memilih media yang digunakan harus berdasarkan maksud dan tujuan pemilihan yang jelas. Pemilihan media tersebut untuk pembelajaran atau untuk informasi yang bersifat umum ataukah sebagai hiburan.

2)      Karakteristik media pengajaran, setiap media mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi keampuhannya, cara pembuatannya, maupun cara penggunaanya.

Menurut Abidin (2003:35) mengemukakan alternatif pemilihan media pembelajaran sebagai berikut:

1)        Menentukan media dengan tepat yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran.

2)        Menetapkan atau memperhitungkan subyek dengan tepat sesuai kematangan / kemampuan peserta didik.

3)        Menyajikan media dengan tepat

4)        Menempatkan atau memperhatikan media pada waktu, tempat, dan situasi yang tepat.

e.          Jenis Media

Menurut  Abidin (2003:53) jenis media sebagai berikut:

1)      Media auditif adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja.

2)      Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan.

3)      Media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media ini dibagi menjadi empat yaitu:

a)      Audiovisual Diam yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti bingkai suara, film rangkai suara, cetak suara.

b)      Audiovisual Gerak yaitu media yang dapat menampilkan unsur dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video-caaette.

c)      Audiovisual Murni yaitu baik unsur suara maupun unsur gambar berasal dari suatu sumber seperti film video-cassette.

d)     Audiovisual Tidak Murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda, misalnya bigkai suara yang unsur gambarnya bersumber dari slide proyektor dan unsur suaranya bersumber dari tape recorder.

Daftar Pustaka :

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Abidin, Zaenal. 2003. Media dan Sumber-Sumber Belajar. Surakarta: UMS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s